FORMAT PENILAIAN KURIKULUM 2013

Penilaian  Hasil  Belajar  oleh  Pendidik adalah proses  pengumpulan informasi/ bukti  tentang capaian pembelajaran peserta  didik  dalam kompetensi  sikap  spiritual  dan  sikap sosial,   yang  dilakukan secara terencana dan  sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran
Dengan kata lain Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).

Sejak awal kurikulum 2013 diimplementasikan, dan dari pengalaman mengikuti diklat Guru Pendamping Implementasi kurikulum 2013, saya sudah membuat Format penilaian pada Kurikulum 2013 guna memudahkan teman-teman guru dalam melakukan penilaian. Selain itu saya juga sempat mendapat share file serupa dari bapak Drs Subiyanto, pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo. File aplikasi penilaian ini sangat memudahkan untuk membuat nilai bagi guru mapel dan juga memudahkan bagi wali kelas untuk mencetak raport.
Dasar pembuatan Format saya mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pedidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah sudah sering berganti atau diperbaharui, yang terbaru adalah Permendikbud No 23 Tahun 2016
Format Penilaian Kurikulum 2013 untuk guru mapel yang saya buat bisa muncul deskripsinya secara otomatis berdasar nilai dan KD serta KKM yang diinputkan. Demikian juga untuk deskripsi nilai Ketrampilan. File ini juga sudah dilengkapi dengan makro pencetakaan dan tombol navigasi yang memanjakan penggunanya. File aplikasi pengolahan nilai guru mapel dan Raport buatan saya tersebut sudah dipakai oleh MKKS SMP di Purworejo.
Format Penilaian dan Rapot yang sudah saya kembangkan dan selalu saya update berdasarkan aturan terbaru bisa dilihat dan didownload dari sini...


Selain itu juga ada Panduan penilaian:




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FORMAT PENILAIAN KURIKULUM 2013"

Posting Komentar