Soal Try Out UN Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK TA 2015/2016
LATIHAN UJIAN NASIONAL 2015/ 2016
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII/IPA-IPS
Hari,tanggal : .................
Waktu : 120 menit
PETUNJUK UMUM
1 Berdoalah sebelum Anda mengerjakan soal.
2 Laporkan pada pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas
3 Jumlah soal sebanyak 50 butir.
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah tersedia!
1. Kalimat berikut yang menggunakan istilah bermakna turun tahta adalah ....
A. Pengunjuk rasa menuntut sebuah referendum( jajak pendapat) terhadap lembaga kerajaan yang tidak pernah ada perkembangan.
B. Pemerintah Spanyol Selasa (3/6) mulai menunjukan dedikasinya(pengorbanan,tenaga,waktu,pikiran)tentang kerajaan untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca-Franco.
C. Sehari setelah Perdana Menteri Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet, munculah gagasan untukmereformasi (perubahan secara drastic untuk perbaikan)kerajaan.
D. Sehari setelah mengumumkan abdikasi (turun tahta dengan dengan sukarela)itu Perdana Menteri Mariano Rajos memimpin sidang luar biasa kabinet untuk membuat sebuah undang-undang.
E. Carlos mengatakan, krisis (keadaan yang suram/kemerosotan)ekonomi telah membangunkan sebuah keinginan untuk pembaruan kerajaan.
2. Cermati paragraf di bawah ini dengan saksama!
1)Krisis keuangan global tahun 2008 memberi pelajaran berharga. 2)Industri keuangan harus meningkatkan kehati-hatian dan masyarakat berpenghasilan rendah harus mendapat akses mudah terhadap lembaga keuangan. 3) Krisis itu berdampak besar di negara yang perekonomiannya digerakkan industri keuangan, tetapi kontribusi ekonomi rakyat belum optimal 4) Akan tetapi ada juga negara yang diredam oleh masyarakat yang perekonomiannya belum optimal. 5). Kondisi ini membuka mata pembuat kebijakan moneter di sejumlah negara bahwa akses mesyarakat terhadap lembaga keuangan harus ditingkatkan. Kompas, 22 September 2014 |
Yang merupakan kalimat berita dalam paragraf di atas adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
3. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1) aku teringat masa lalu (2) gugur dari pepohonan tanjung (3) sendiri sunyi sepi (4) di sana sajakku terbaring(personifikasi) (5) entah kemana pergi |
Kalimat yang bermajas (makna kiasan)dalam adalah deretan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
4. Bacalah dengan saksama puisi di bawah ini!
PADAMU JUA Habis kikis Segala cintaku hilang terbang Pulang kembali aku padamu Seperti dahulu Kaulah kandil kemerlap Pelita jendela di malam gelap Melambai pulang perlahan Sabar, setia selalu (Nyanyi Sunyi oleh Amir Hamzah) |
Makna lambang kandil kemerlap pada puisi tersebut adalah....
A. penerang jiwa
B. cahaya hati
C. sinar gemerlap
D. lentera kasih
E. penyejuk pikiran
5. Cermatilah paragraf berikut!
Ketika terjadi bencana, tempat kami kedatangan ... relawan. Mereka sangat ... keadaan kami tanpa memikirkan ... yang dihadapi.
Kata di bawah ini yang tepat untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang adalah ....
A. teem, perduli, risiko
B. team, peduli, resiko
C. team, peduli, risiko
D. tim, peduli, resiko
E. tim, peduli, risiko
6. Cermati kalimat di bawah ini dengan saksama!
Salah satu dari beberapa sumber-sumber daya perikanan di Indonesia adalah merupakan sumber dayakerang-kerangan yang memiliki nilai yang bersifat ekonomis.
Perbaikan kalimat tersebut berdasarkan struktur yang benar adalah ….
A. Perikanan di Indonesia memiliki nilai ekonomis adalah salah satu sumber daya kerang-kerangan.
B. Perikanan adalah salah satu sumber daya kerang-kerangan yang memiliki nilai ekonomis.
C. Sumber daya kerang-kerangan adalah salah satu sumber daya yang memiliki nilai ekonomis di Indonesia tentang perikanan.
D. Salah satu sumber daya perikanan di Indonesia adalah kerang-kerangan yang memiliki nilai ekonomis.
E. Sumber daya di Indonesia yang memiliki nilai ekonomis adalah perikanan.
7. Bacalah beberapa kalimat berikut ini dengan saksama!
1) Polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi hingga korban pun berjatuhan. 2) Polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi karena sebuah bom meledak di dekatnya 3) Selain itu mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. 4) Buruh Amerika Serikat menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja. 5) Penetapan delapan jam per hari merupakan penanda berakirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan tersembunyi. |
Kata penghubung yang menghubungkan dua klausa (kalimat majemuk bertingkat ….) yang tak sederajat keterangan akibat terdapat dalam kalimat ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
(klausa =satuan gramatikal yang berupa kelompok kata,sekurang-kurangnya terdiri dari subjek dan predikatdan berpotensi menjadi kalimat)
Kal.majemuk bertingkat…..jika, kalau, manakala, andaikata, asal(kan) ,agar, supaya, biar walaupun, kendati(pun), biarpun sebab, karena, oleh karena maka, sehingga dengan, tanpa dengan, tanpa seperti, bagaikan, alih-alih,bahwa,padahal, · sebab dan karena, kalau, jikalau,jika, bila, apalagi, dan asal, agar dan supaya ,ketika, sewaktu, sebelum, sesudah, tatkala,sampai, hingga, dan sehingga ,untuk dan guna , seperti, sebagai, dan laksana , tempat)
8. Cermatilah kalimat berikut ini dengan saksama!
1) Saudara datang dari kota Jogja ? 2) Ruangan ini selalu dibersihkan. 3) Di sekolah mengadakan sholat Jumat. 4) Hasil rapat itu belum diumumkan oleh panitia. 5) Pesan itu sudah saya sampaikan kepadanya. |
Kalimat tidak baku karena tidak bersubjek adalah kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
9. Bacalah kalimat yang mengandung kata serapan di bawah ini dengan teliti!
Dalam praktiknya antara politik dan hukum memang sulit dipisahkan, karena setiap suaturezim yang sedang berkuasa disetiap negara punya “politik hukum” sendiri dalam melaksanakan konsep tujuan pemerintahannya |
Makna kata rezim dalam kalimat di atas yang tepat adalah...
A. Tata pemerintahan presiden
B. Pemerintahan yang berkuasa
C. Kewenangan pemerintah yang berkuasa
D. Kemampuan pemerintah
E. Pengaruh kekuasaan pemerintah
10. Cermatilah penulisan judul karangan berikut!
Upaya peningkatan keterampilan membaca dan menulis di Sekolah Menengah Atas
Penulisan judul karangan ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ….
A. Upaya Peningkatan Keterampilan MEMBACA dan MENULIS di Sekolah Menengah Atas
B. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Di Sekolah Menengah Atas
C. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis di SMA
D. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis di Sekolah Menengah Atas
E. UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA dan MENULIS di SEKOLAH MENENGAH ATAS
11. Penulisan gelar akademik yang tepat sesuai dengan EYD adalah ....
A. Prof. DR. Asdi Saridal Dipodjojo adalah salah satu dosen FPBS IKIP Yogyakarta.
B. Dr. Mundilarno, M.Pd. adalah salah satu dosen Pascasarjana UST.
C. Prop. Drs. Soeparno adalah dosen mata kuliah Linguistik Terapan
D. Prop. Arma Abdoelah, M.SC. adalah mantan Rektor IKIP di era 80-an.
E. Prof. DRS. Sarjono adalah mantan Dekan FPBS IKIP yogyakarta di era 80-an
12. Penggunaan tanda baca dalam penulisan alamat surat di bawah ini tepat adalah ....
A. K e p a d a Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E
Jinggle Mart
Jalan Bulan Bundar no.33
Solo
B. K e p a d a
Yth: Yudhistira Adi Prasetya, S.E
Jinggle Mart
Jalan Bulan Bundar nomor. 33
Solo
C. Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E.
Jinggle Mart
Jalan Bulan Bundar 33
Solo
D. K e p a d a
Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E.
Jinggle Mart .
Jalan Bulan Bundar no.33
Solo .
E. Yth. Yudhistira Adi Prasetya, S.E,
Jinggle Mart,
Jalan Bulan Bundar no.33,
Solo,
13. Bacalah penggalan artikel berikut dengan saksama!
Banyak masalah dunia dewasa ini, seperti ekstremisme, terorisme, dan migrasi yanghanya bisa diselesaikan dengan persatuan dan solidaritas semua negara di dunia. Itu sebabnya para pemimpin negara-negara di dunia harus memiliki visi global untuk tidak hanya mengutamakan kepentingan nasionaismenya sendiri. Demikian disampaikan Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB) Ban Ki-moon dalam wawancara khusus dengan Kompas di Nusa Dua, Bali, Kamis (29/8). Ban berada di Indonesia untuk menghadiri Konferensi ke-6 Aliansi Peradaban PBB(UNAOC) yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat pagi. Kompas, 29 Agustus 2014 |
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. Banyak masalah dunia dewasa ini seperti ekstremisme, terorisme, dan migrasi.
B. Presiden SBY, Jumat pagi Jumat pagi akan meresmikan konferensi UNAOC.
C. Banyak masalah dunia hanya bisa diselesaikan dengan persatuan dan solidaritas dunia.
D. Ban Ki-moon dalam wawancara khusus dengan Kompas di Nusa Dua, Bali, Kamis (29/8).
E. Itu sebabnya para pemimpin negara-negara di dunia harus memiliki visi global.
14. Bacalah kalimat berikut ini dengan saksama!
“Karena tidak pernah masuk dalam daftar buron, Yingluck dipersilakan kembali ke dalam negeri seusai bepergian,” kata juru bicara militer Thailand, Kolonel Winthai Suvaree, dalam konferensi pers kemarin. |
Yang merupakan inti kalimat di atas adalah ....
A. Tidak pernah masuk daftar buron
B. Yingluck dipersilakan kembali
C. Kembali ke dalam negeri
D. Kata juru bicara militer Thailand
E. Keterangan Kolonel Winthai.
15. Cermatilah teks berikut!
Sebagai pencinta lingkungan, Nita peduli agar orang membuang sampah di tempatnya, menghemat penggunaan air, dan masalah lingkungan lain. Silakan kirim pertanyaan Anda kepada Nita Sofiani lewat kompaskita@kompas.com. Anda juga bisa mengusulkan tokoh pilihan Anda. Cantumkan nama lengkap Anda dan domosili Anda. E-mail ditunggu sampai 26 September 2014. Lima penanya terpilih akan mendapat suvenir menarik dari Kompas. Kompas, 22 September 2014 |
Istilah domisili dan suvenir dalam paragraf tersebut bermakna ….
A. tempat menunggu; hadiah
B. tempat berlindung; pemberian Cuma-cuma
C. tempat tinggal yang sah; tanda mata
D. tempat singgah; hadiah dari pembelian
E. tempat khusus; hadiah undian
16. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Menurut penelitian yang dilakukan badan antariksa Amerika Serikat ( NASA ), di planet Mars ditemukan unsur dasar kehidupan. (2)Unsur-unsur tersebut adalah Nitrogen, Hidrogen, Oksigen dan carbon. (3)Di bumi unsur-unsur tersut merupakan kebutuhan dasar mahluk hidup. (4)Di samping untuk kelangsungan kehidupan, unsur nitrogen merupakan unsur penyubur tanah, yang merupakan sumber kehidupan. (5)Dengan demikian keberadaan keempat unsur tersebut sebagai penanda adanya kehidupan. |
Yang merupakan kalimat simpulan adalah kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
17. Bacalah dengan cermat paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2!
Penanaman karakter sangat penting dilakukan sejak dini oleh orang tua. Misalnya, penalaran percaya diri anak sebagai kunci awal sebagai tanggung jawab pembangunan karakter. Begitu pula kedisiplinan, dengan demikian, kemandirian anak dan kedisiplinan dapat membangun fighting spirit dan surviving di dunia ini. Artinya, melalui disiplin dan tanggung jawab, si anak mengerti tugasnya dengan penuh percaya diri. Selain itu, perlu pula menanamkan keempatian terhadap orang lain dan lingkungannya. |
Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Empati mengajarkan anak untuk menghargai orang lain dan orang-orang yang berada di sekitarnya.
B. Sikap tanggung jawab anak akan mengerti tugas yang seharusnya dia lakukan diberikan tanggung jawabnya.
C. Dengan kemandirian fighting spirit dan surviving di dunia ini anak diharapkan dapat bertanggung jawab.
D. Dengan disiplin anak memiliki kunci sukses dalam kehidupan untuk mengatur masa depannya sendiri.
E. Sikap percaya diri, disiplin, mandiri, tanggung jawab, dan empati adalah karakter yang harus ditanamkan pada anak.
18. Cermatilah penggalan cerpen berikut ini dengan saksama!
Ketidakgentarannya bukan berarti tak beralasan. Lihatlah, dia memperhatikan senjata yang ditodongkannya kepadanya. Bukan revolver karena tak ada silindernya. Kesimpulannya: pistol, merek “Vickers Jepang”. Ketelitian ini satu bukti bahwa “aku” juga ahli dan berpengalaman dalam hal senjata seperti ini. Orang luar tak tahu beda pistol dan revolver, apalagi nama mereknya, apa tandanya berisi atau tidak.
Simpulan isi tersirat (tidak tertulis)kutipan cerpen di atas adalah ….
A. Tidak takut menghadapi todongan senjata.
B. Memamerkan berbagai merek senjata yang diketahuinya.
C. Memamerkan keahliannya dan pengalamannya tentang senjata.
D. Menganngap orang lain tidak ada yang tahu tentang senjata.
E. Orang lain dianggap tidak tahu pistol kosong atau berisi.
19. Bacalah dengan saksama teks eksposisi di bawah ini dengan saksama!
Saat ini politik Indonesia sedang ... wacana di media. Layaknya gula yang sedang dikelilingi semut. Media selalu memberitakan kondisi politik di Indonesia dengan gamblang. Media memberitakan kondisi ... Indonesia yang saling memperebutkan kekuasaan. Para pejabat yang memiliki kekuasaan telah melupakan masyarakat. Janji-janji yang dahulu dibuat para pejabat justru dilupakan seiring dengan kursi kekuasaan yang diperoleh. Seolah tidak menerima dengan kemenangan sang musuh, mereka berusaha mencari kesalahan untuk dapat menggulingkan. .... di Indonesia sangat memprihatinkan. Para pejabat masih saja sibuk mengurusi kursi jabatannya. Mereka melupakan soal rakyat dengan mudah. |
Kata serapan (kata yang berasal dari bahasa asing) yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di atas adalah ....
A. Kompromi, wacana, iklim politik
B. Suksesi, abdikasi, signifikan
C. Intimidasi, berkompetisi, publikasi
D. Akomodasi, konfimasi, publisistik
E. Mendominasi(menguasai), elit(memiliki kedudukan tinggi) politik, kondisi politik.
20. Bacalah paragraf deskripsi rumpang di bawah ini dengan cermat!
Setiap hari Ruthy melewati jalan di depan rumahku. Biasanya sekitar pukut 6.35 dia mulai terlihat di ujung gang. Sepanjang jalan dia akan menyapa siapapun yang ditemuinya. ... “Selamat pagi!” begitu kata yang selalu dia ucapkan sambil tersenyum dengan ramah. Namun, entah mengapa pagi itu, sudah pukul 6.45 dia tidak juga tampak di ujung gang dengan seragam sekolahnya. Apakah mungkin kejadian kemarin sudah membuatnya kehilangan semangat? |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Dia juga akan tersenyum kepada siapapun.
B. Biasanya dia berjalan dengan sangat anggun.
C. Ruthy memang kukenal sebagai gadis yang sangat ramah.
D. Dia tidak pernah menolak siapapun yang meminta bantuan.
E. Hanya ada satu orang yang dia tidak mau menyapanya.
21. Cermati paragraf narasi rumpang berikut!
. . . Ketika kaki kuda-kudaanku patah, ibu sendiri yang memakunya kembali. Ketika sekring lampu, atau setrikaan rusak, ibu yang membongkar – pasangnya. Ketika tempat tidurku basah terkena tetesan air hujan dari langit-langit yang menganga, naiklah ibu ke para-para dengan paku dan palu ditangannya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah ….
A. Sejak aku masuk ke Taman Kanak-Kanak.
B. Kedua teman lama itu berbicara nerocos.
C. Mereka berbicara dalam bahasa Belanda.
D. Ibu bisa menjadi siapa saja.
E. Ibu memperkenalkan aku dengan seorang lelaki paruh baya.
22. Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Istri Tukang Cukur : “Cahaya matamu, raut wajahmu, memberiku isyarat bahwa kau sedang memikirkan sesuatu. Katakanlah pada Ibu.” Rabiah : “Aku berpikir tentang ayah. Aku berpikir tentang ayah, Bu! Terus-menerus pikiran ini menggangguku.” Istri Tukang Cukur : “Apa yang salah dengan ayahmu, Nak?” Rabiah : (Sejenak tidak menjawab, Ia berdiri perlahan, melangkah ke depan mendekati pot-pot bunga, lalu mendekat sambil memandang ibunya) “Bu, mengapa Bapak menjadi tukang cukur?” Istri Tukang Cukur : “Mengapa kau bertanya begitu?” (terkejut) “Apakah salah ayahmu bekerja sebagai tukang cukur?” (berdiri tegak) Rabiah : “Orang-orang, teman-teman, semua mengejekku dengan kata-kata anak si tukang cukur’!” Istri Tukang Cukur : “ ... ” (Kado Perkawinan, Hamsad Rangkuti) |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog terakhir dari istri tukang cukur adalah ....
A. “Kau risau?”
B. “Kau heran?”
C. “Kau senang?”
D. “ Kamu malu ?”
E. “Kamu bingung?”
23. Bacalah dengan saksama penggalan ulasan di bawah ini!
Film “Rumah Tanpa Jendela” berbicara tentang posisi biner kelas sosial-ekonomi lewat model film musikal klasik ala Hollywood. Film ini menawarkan model utopia dalam merespons kondisi masyarakat Indonesia yang terframentasi dalam kelas-kelas sosial-ekonomi, yaitu utopia(kondidisi yang sempurna tetapi hanya khayalan yang tak mungkin diwujudkan) atau kondisi hidup ideal yang dibayangkan oleh kelas menengah atas. Sumber: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI (dengan perubahan) |
Makna kata yang tercetak tebal dalam kutipan teks ulasan tersebut di atas adalah ... .
A. terkotak-kotak
B. terbagi-bagi
C. terbelah-belah
D. terbilah-bilah
E. tersekat-sekat
24. Perhatikan dengan teliti prosedur kegiatan di bawah ini!
Pertama : Tanjabkan kabel laptop Anda ke stop kontak listrik!
Kedua : Tekan tombol power pada laptop Anda!
Ketiga : Klik tombol “strat”
Keempat : ....
Kelima : setelah muncul tampilan kosong dengan 1 krusor, mulailah menulis kata/kalimat yang diinginkan.
Untuk mengisi kegiatan keempat yang kosong yang tepat adalah ....
A. Klik tombol “copy”
B. Klik tombol “cut”
C. Klik tombol “format painter”
D. Klik tombol “Microsoft Office Word”
E. Klik tombol “paste”
25. Deretan kalimat di bawah ini yang menggunakan istilah dan ejaan yang tepat adalah ....
A. Para pengembang di beberapa kota besar kini berkompetisi bisnis properti yang semakin keras dan penuh inofasi di lapangan
B. Para pengembang berusaha optimal meraih kinerja yang pantasi dan penghasilan yang sangatspektakuler.
C. Mereka mengembangkan antara lokasi, desain, integritas perusahaan, dan membangun sendiriinprastruktur.
D. Buah-buahan ini tidak hanya digunakan untuk konsumsi sehari-hari, tetapi juga kepada hal yang lebih substansi seperti ritual keagamaan.
E. Baik di pasar tradisional maupun supemarket, buah-buahan import mudah didapat, tetapi harus waspada dalam memilih yang layak konsumen.
26. Kalimat di bawah ini menggunakan kata berimbuhan yang sesuai dengan kaidah tata kata adalah ...
A. Pembatasan masa kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi dua belas tahun merupakan pengerdilan.
B. Pembrontakan para koruptor luara biasa dalam melemahkan KPK bisa menempuh berbagai jalan.
C. Semoga para petinggi KPK tidak tergoyahkan oleh godaan yang bertubi-tubi mengrorongkewibawaannya.
D. Boleh dikatakan, lengah sedikit saja bisa berbahaya bagi masyarakat yang menginginkanpengadilan.
E. Semoga para pejabat KPK selalu dikuatkan imannya dalam pembrantasan korupsi di negara yang kita cintai ini.
27. Pemakaian dan penulisan kata bentukan/kata jadian/kata turunan/kata kompleks ( kata dicetak miring) yang tepat terdapat dalam kalimat ....
A. Para demonstran menggarisbawahi agar pelimpahan kekuasaan dilakukan oleh pemerintah bukan oleh raja.
B. Pihak keluarga raja menghendaki pelimpahan kekuasaan dilakukan oleh pihak raja yang sedang berkuasa supaya ber kesinambungan.
C. Tetapi rupanya kedua belah pihak tidak menemukan titik temu, semua itu disebabkan ketidak tahuancara menyelesaikan masalah.
D. Kedua belah pihak tidak mau bekerjasama menyelesaikan masalah yang terkait dengan kerajaan yang stagnan.
E. Akhirnya ke dua belah pihak pilih menempuh jalan sendiri yang mereka yakini dapat menemukan cara memimpin kerajaan yang harmonis.
28. Penulisan daftar pustaka berikut ini yang sesuai dengan EYD adalah ....
A. Arifin, Zaenal,dkk.: 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
B. Arifin, Zaenal,dkk.; 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
C. Arifin, Zaenal,dkk., 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud:
D. Arifin, Zaenal,dkk. 1992 . Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame . Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
E. Arifin, Zaenal,dkk.: 1992 : Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame : Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
29. Cermati dua teks di bawah ini dengan teliti!
SEJARAH HARI BURUH | PERISTIWA PEMBENTUKAN ASEAN |
Hari Buruh yang dikenal juga dengan sebutanMay Day dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886 terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan depalan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. | Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan berbagai upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini seperti ASA (Association of Southeast Asia), Maphilindo (Malaya, Philipina, Indonesia), dan SEAMEO South East Asian Ministers of Education Organization), maupun dengan negara di luar kawasan ini, seperti SEATO (South East Asia Treaty Organization) dan ASPAC (Asia and Pasific Council). Komunikasi antarnegara Asia Tenggara dengan negara di luar kawasan tersebuttelah berkembang dalam ECAFE (Economic Commision for Asia and the Far East), Colombo Plan, dan KAA (Konfrensi Asia Afrika) |
Hasil membandingkan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Penetapan Sejarah Hari Buruh berupa fakta sedangkan Sejarah Pembentukan ASEAN berupa opini dan angan-angan.
B. Penetapan Sejarah Hari Buruh penuh perjuangan dan konflik dari kelas pekerja sedangkan Sejarah Pembentukkan Asean berjalan dengan cara damai.
C. Kedua teks tersebut sama-sama menuai konflik untuk memperjuangkan tujuan yang akan dicapai oleh pelakunya.
D. Tiap teks tersebut di atas sama-sama hanya memperjuangkan satu organisasi yang berbeda anggota.
E. Tiap teks tersebut di atas memperjuangkan tujuan yang berbeda, yaitu organisasi nirlaba dan organisasi berisat bisnis.
30. Bacalah dengan cermat kedua teks di bawah ini!
TEKS 1 | TEKS 2 |
Dalam aspek ekonomi, air yang melintasi sungai bila memenuhi syarat kebersihan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan baku air minum dan sejumiah keperluan lainnya, termasuk sarana transportasi perkotaan. Dalam aspek kelestarian lingkungan sungai memiliki fungsi untuk menyalurkan air dari hulu ke hilir (muara) . Hal tersebut menunjukan sungai berperan sebagai unsur dalam berlangsungnya siklus hidrologi dan sebagai unsur pada kelangsungan siklus erosi. Keduanya sangat mempengaruhi keseimbangan ekosistem daerah aliran (DAS) sungai. | Air merupakan sumber daya alam (SDA) yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Rakyatlah yang berkaitan langsung dengan air. Ia sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tuntutan untuk bisa menikmati air menjadi hak semua orang Pengelolaan air menjadi tanggung jawab semua pihak. Tidak hanya pemerintah, mereka juga harus mengupayakan pelestariannya. Peran aktif rakyat dalam pengelolaan SDA air merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan. |
Kesimpulan kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
A. Fungsi air berbeda-beda tergantung dari sudut mana ia memandang.
B. Air sama-sama dibutuhkan untuk kehidupan manusia, bedanya bagaimana cara mengelola dan memanfaatkannya.
C. Fungsi air dalam kehidupan manusia berbeda-beda satu sama lain tergantung kebutuhannya masing-masing.
D. Perbedaannya adalah fungsi air di sungai dengan fungsi air di lingkungan pemukiman warga.
E. Perbedaannya adalah pada cara pengolahannya, ada yang dikelola oleh masyarakat ada pula yang dikelola oleh pemerintah.
31. Bacalah dengan saksama kedua teks di bawah ini!
Teks eksposisi | Teks prosedur kompleks |
Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan Polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. …. | Pertama, kenali si petugas Polantas. Kedua, pahami kesalahan yang Anda lakukan. Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran apa yang Anda lalkukan. Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja kepda petugas. Kelima, jika terpaksa serahkanlah SIM Anda saja. Keenam, terima atau tolak tuduhan yang dberikan oleh Polantas.. |
Perbedaan antara dua teks tersebut adalah ....
A. Teks eksposisi meyuguhkan dengan bahasa paparan biasa sedangkan teks prosedur kompleks menekankan dengan langkah-langkah yang harus dilalui.
B. Teks eksposisi memerinci tiap kesahan yang dilakukan pengendara, sedangkan teks prosedur kompleks memerinci jawaban pertanyaan petugas.
C. Teka eksposisi memaparkan cara membayar denda ke bank terdekat, sedangkan teks prosedur kompleks mengajak damai petugas di lapangan.
D. Teks eksposisi memerinci warna surat tilang dari petugas, sedangkan teks prosedur kompleks cenderung untuk menolak tuduhan.
E. Teks eksposisi cenderung membingungkan pelanggar karena disuruh memilih, sedangkan teks prosedur kompleks tegas untuk menolak.
32. Bacalah dengan saksama paragraf di bawah ini!
Ide mengalihkan masyarakat memakai minyak tanah ke elpiji memang tidak seketika. Program itu sudah digulirkan sejak Agustus 2006. Mestinya, banyak pengalaman dipetik oleh pemerintah agar tidak terjadi kerumitan dalam menjalankan program konversi. Sejauh penjelasan pihak pertamina, jumlah rumah tangga dan usaha kecil menengah di jakarta yang berhak menerima paket konversi sekitar 1,5 juta keluarga. Masih ada sekitar 300.000 keluarga yang belum menerima paket konversi yang berupa tabung dan kompor. Masyarakat menggugat efektivitas distribusi paket tersebut. Selama ini banyak terjadi distribusi paket yang salah sasaran. Sering yang berhak menerima kenyataannya justru tidak mendapatkannya. Sementara itu, pihak yang tidak berhak menerima paket tersebut justru mudah mendapatkannya. |
Masalah yang dibahas dalam teks tersebut adalah…
A. Penolakan masyarakat terhadap penggunaan bahan bakar elpiji
B. Kesiapan pemerintah dalam melaksanakan program konversi
C. Jumlah paket konversi bagi keluarga miskin di Jakarta
D. Pendistribusian paket korversi tidak tepat sasaran
E. Penggelembungan dana untuk program konversi.
33. Cermati paragraf berikut!
Mahir membaca mengandung makna melampaui kemampuan membaca bunyi teks. Mahir membaca adalah mahir memahami makna wacana bacaan secara mendalam disertai dengan kemampuan menafsirkan konteks dan wacana tersebut. Mahir membaca adalah memahami karakter wacana. Mahir membaca berarti mampu memahami kosa kata yang dipakai dalam teks. Dengan demikian, seseorang dapat dikatakan mahir membaca apabila mudah memahami dan menghayati isi wacana. |
Kesimpulan yang terdapat dalam paragraf di atas ditandai dengan kata ....
A. melampaui
B. mahir membaca
C. wacana bacaan
D. dengan demikian
E. menafsirkan konteks
34. Bacalah dengan saksama dua teks berikut ini!
Orang-orang Flemish dan orang –orang Inggris dikalahkan di Bouvines oleh Raja Perancis Philippe Auguste pada tahun 1214. Sebelum pertempuran itu, Sang Raja memerintahkan didirikannya sebuah altar tepat di tengah-tengah kamp. Sang Raja meletakkan mahkotanya yang bertuliskan “Au plus digne” atau “Bagi siapa saja yang paling berjasa”. Kepada para bangsawan dan ksatrianya, Raja berkata, “Siapa yang bertempur paling baik dan memenangkannya akan menjadi raja, aku akan melepaskan semua akku dan tidak memperoleh apa-apa kecuali kalian memberiku pertempuran terbaik malam ini.” Selama pertempuran itu, ia berperang bagai singa. Ketika pertempuran selesai, para bangsawan yang masih selamat berkumpul mengelilingi altar sambil mengelu-elukannya. “O, Rajaku engkaulah yang paling berani !” Mereka menyerahkan kembali mahkota itu kepadanya. Sumber: Anekdot Orang-Orang Besar | Sopir Taksi Susi harus bekerja sampai larut malam dikantornya. Ketika ingin pulang Susi menyetop taksi untuk mengantarnya pulang. “Kebon Jeruk ya Pak“ Sopir taksi itu hanya menggangguk, selama perjalanan tidak terjadi percakapan antara Susi dan Sopir Taksi, mungkin Susi merasa capek karena bekerja sampai larut malam. 20 menit lamanya keheningan terjadi, tiba-tiba Susi ingat bahwa uang yang dibawanya kurang untuk membayar ongkos taksi. Susi lalu menepuk pundak Sopir taksi dengan maksud berhenti dulu di depan untuk mengambil uang di ATM. Tapi tiba-tiba setelah pundaknya ditepuk oleh Susi Sopir taksi itu secara membabi buta membanting setirnya ke kanan kemudian ke kiri sambil berteriak secara histeris, sampai akhirnya taksi itu menabrak sebuah pohon. Un tung Susi dan Sopir Taksinya tidak mengalami luka yang cukup parah. Sopir Taksi itu kemudian meminta maaf kepada Susi. “Maaf ya Bu, Ibu nggak apa-apa? Ibu sih make nepuk pundak saya, kagetnya setengah mati bu!!” “Lho, masa sih ditepuk pundaknya aja kaget?? “Soalnya ini hari pertama saya jadi sopir Taksi, Bu” “Emangnya pekerjaan bapak sebelumnya apa??“ “Selama 20 tahun saya jadi SOPIR MOBIL JENAZAH” permintaan.html |
Perbedaan tema kedua teks anekdot di atas adalah ....
A. Teks Orang-Orang Besar bertema perjuangan tanpa pamrih dari pemimpinya, sedangkan teks Sopir Taksiadalah kagetan.
B. Teks Orang-Orang Besar bertema perjuangan tanpa pamrih dari rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi adalah menjual jasa.
C. Teks Orang-Orang Besar bertema sayembara terhadap rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi adalah penumpang tak beruang.
D. Teks Orang-Orang Besar bertema penjual mahkota kepada rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksi adalah ugal-ugalan.
E. Teks Orang-Orang Besar bertema peperangan tanpa senjata dari rakyatnya, sedangkan teks Sopir Taksiadalah bekas sopir mobil jenazah.
35. Cermati dengan teliti dua teks sastra berikut ini!
Jendela dalam film “Rumah Tanpa Jendela” merupakan sebuah metafora yang mengena. Jendela memungkinkan seseorang untuk mengakses dunia lain (dari dalam atau dari luar) tanpa meninggalkan tempatnya. Jendela memungkinkan orang melihat, bukan terlibat jika dibandingkan dengan pintu yang menyediakan akses untuk masuk/keluar. Jendela adalah rasa syukur atau konsep penerimaan atas suatu kondisi. Dengan si miskin berlapang dada menerima kondisinya dan si kaya belajar bersyukur dari kemalangan si miskin, masyarakat borjuis yang sempurna dan harmonis akan tercipta. Sumber: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI (dengan perubahan (penafsiran) | 1) Donny memang luar biasa sebagai pencipta cerita, begitu juga Rizal yang sukses mengarahkan para pemain. 2) Tapi yang menjadi catatan di sini, film ini mirip dengan road movie. 3) Jika kita membaca novelnya terlebih dahulu, maka akan terasa terputus-putus ceritanya. 4) Kita akan dibuat kecewa dengan kurang lamanya perjuangan pendakian, sehingga terkesan ingin cepat sampai. 5) Maka saya sarankan untuk menonton filmnya dulu baru kemudian baca novelnya, jika memang hobi nonton dan suka membaca novel. 6) Secara keseluruhan, karya Rizal Matovani ini patut diacungi jempol. (http://hiburan kompasiana.com) ( evaluasi) |
Hubungan antarbagian dalam dua teks sastra di atas adalah ....
A. Unsur penafsiran dapat dijadikan pijakan dalam mengevaluasi suatu karya sastra.
B. Unsur penafsiran tidak mempunyai kriteria yang standar sehingga tidak dapat dijadikan pijakan mengevaluasi.
C. Unsur evaluasi muncul lebih dulu yang nantinya akan dijadikan pijakan dalam menentukan dalam penafsiran.
D. Baik penafsiran maupun evaluasi nantinya akan bermuara pada unsur koda atau bagian akhir.
E. Unsur yang muncul tidak berpengaruh dalam menentukan resolusi dalam suatu karya sastra.
36. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Sebenarnya romo tidak terlalu kolot. Beliau tidak menghalangi hubunganku dengan Sri, anak orang biasa. Romo tidak mengharuskan aku kawin dengan seorang Den Ayu, atau setidak-tidaknya anak orang terpandang. Hanya itu masalahnya, aku terlalu muda untuk cepat-cepat kawin. Aku harus kuliah dulu, dan aku memang ingin kuliah. Aku tidak mau sekedar menjadi camat seperti romo. Tapi... Pak Karto....
Watak Romo dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. demokratis
B. kolot
C. sombong
D. tidak tegas
E. materialistis
37. Cermati kutipan cerpen berikut dengan seksama!
Yang kutunggu akhirnya berbunyi juga. Setelah membereskan buku-buku, aku segera pergi ke belakang kantin, ada juga teman-temanku yang lain. Aku dan Nandito pergi agak menjauh, agar tiada yang mengganggu Dito bercerita. “Dit, sebenarnya ada apa sih?” tanyaku memulai. “Alicia, kamu tahu gak siapa aku,” jawabnya. “Nggak tahu gimana, kamu ‘kan Nandito temanku,” bantahku cepat. “Bukan itu, maksudku, kamu ‘kan nggak tahu tentang kehidupanku yang sebenarnya meskipun aku tinggal serumah dengan orang tua dan saudara-saudaraku, tetap aku tak dianggap sebagai anak dan sebagai saudara. Aku seperti orang asing, setiap omonganku tak pernah mereka dengar,” ceritanya lagi. “Begitulah aku. Diantara delapan saudaraku, aku anak nakal. Dan akibatnya pergaulanku nggak karuan, aku harus menerima akibat seperti ini. Aku suka ngelayap, jarang pulang. Aku terpengaruh oleh teman-teman yang liar. Aku kecanduan obat.” “Apa, jangan ngawur kamu!” “Memang benar, ya beginilah aku.” “Lalu sejak kapan?” “Dua tahun yang lalu.” “Gila lalu sekarang?” “Masih seperti dulu, masih suka obat terlarang.” “Teng, teng, teng ...” tiba-tiba bel berbunyi. Dengan langkah berat aku dan Dito berjalan menuju kelas |
Keterkaitan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A. Orang yang memiliki sifat suka mencampuri urusan orang lain.
B. Seseorang yang berpura-pura sangat perduli dengan keadaan orang lain.
C. Ketidaksanggupan seseorang dalam menghadapi permasalahan kehidupannya di lingkungannya.
D. Sikap keterusterangan seseorang dalam menceritakan keburukan dirinya kepada orang lain.
E. Ketidakpedulian seseorang atas masalah yang menimpa diri orang di sekitarnya.
38. Bacalah dengan saksama penggalan cerpen di bawah ini!
“Bahkan ibu bersedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar, dari satu pulau ke pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang menasehati ibu harus percaya dan mencobanya juga. Maklumlah alam timur masih penuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan mistik. Semua itu lakukan untuk mendapatkan engkau Maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk. (Rumah Tanpa Cinta, Titik W.S) |
Penilaian baik buruk terhadap penggalan cerpen di atas adalah ....
A. Keunggulanya adalah usaha seorang ibu untuk bisa membahagiakan anaknya sedangkan kelemahannya adalah rela melakukan perbuatan mistik.
B. Keunggulannya adalah kecintaan seorang ibu kepada anaknya supaya bisa cepet-cepat punya anak.
C. Kelemahannya adalah seorang ibu rela melunturkan keimanannya sehingga perbuatannya mendekati perbuatan mistik.
D. Keunggulan dan kelemahannya sama-sama melakukan perbuatan yang bersifat gaib yang belum tentu kebenarannya.
E. Keunggulan dan kelemahannya sama-sama merupakan perbuatan yang mendekati syirik, gaib, munafik, dan musrik.
39. Bacalah kutipan sastra melayu klasik berikut ini dengan cermat !
Setelah Bachtiar besar saudagar Idris datang menghadap sang Raja bersama-sama Bachtiar. Raja sedang dihadap oleh para menterinya. Tiba-tiba ada yang mengemukakan pertanyaan kepada raja dan pertanyaan itu tak dapat dijawabnya. Para menteripun tak seorang juga yang sanggup menjawab. Bachtiar menyatakan kepada baginda bahwa ia kalau diperkenankan baginda sanggup menjawabnya. Raja sangat tercengang mendengar jawabannya, dan ia minta kepada saudagar Idris supaya Bachtiar tinggal di sana di istananya. Kehadiran Bachtiar di istana itu menyebabkan cemburunya para menteri karena mereka sudah tidak diajak bicara oleh raja. Para menteri bermufakat hendak mencelakakan Bachtiar. Daya upaya mereka berhasil dengan memfitnah Bachtiar berbuat jahat dengan seorang perempuan di istana. Ia dipenjarakan, tetapi para menteri menuntut hukuman mati. Bachtiar bermohon berjumpa dengan raja. Di hadapan raja Bachtiar yang cerdik itu berceritera tentang pemikat burung. Pada suatu hari, pemikat itu mendapat seekor burung yang sangat cantik. Burung itu dipersembahkannya kepada raja. Akhirnya pemikat burung itu disenangi raja dan tinggal dengan senangnya di istana. Hikayat Bachtiar |
Isi ringkas penggalan cerita di atas adalah ....
A. Bachtiar, saudagar, sang Raja, dan para menterinya yang selalu hidup rukun.
B. Rasa senang raja kepada Bachtiar yang diantar saudagar Idris ke istana raja.
C. Seorang saudagar yang mengantar anaknya kepada sang raja untuk mengabdi.
D. Rasa cemburu para menteri terlihat pada siasat mencelakakan Bachtiar, tetapi gagal.
E. Raja yang tak bisa berlaku adil kepada para menterinya sehingga selalu menyalahkan.
40. Bacalah dengan teliti kalimat acak di bawah ini!
1) Usia dini, merupakan masa kritis yang keberhasilannya sangat menentukan kualitas anak didik di masa dewasa. 2) Anak yang ditelantarkan akan kurang asupan gizi, tidak mendapat perlindungan kesehatan, dan tidak mendapat pengasuhan yang benar dan stimulan pendidkan 3) Kebutuhan tumbuh kembang yang mencakup gizi, kesehatan dan pendidikan, merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan dan anak tidak boleh diterlantarkan. 4) Jika terlantar seperti ini, sekalipun merupakan anak orang berada bahkan kaya raya, perkembangan kecerdasannya bisa tidak optimal. 5) Mendidik anak dalam usia dini, bukanlah hal yang gampang. |
Urutan kalimat-kalimat tersebut dalam paragraf yang padu adalah ....
A. 1-2-3-4-5
B. 1-3-5-4-2
C. 5-1-3-2-4
D. 5-1-4-3-2
E. 4-3-2-1-5
41. Perhatikan dengan cermat kata berimbuhan dalam kalimat di bawah ini!
Tiga tujuan periklanan yakni menginformasikan (menonjolkan aspek manfaat produk), membujuk (membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis), dan mengingatkan (mengingatkan produk-produk yang sudah mapan). |
Kata berimbuhan yang semakna dengan kata periklanan terdapat dalam kalimat ....
A. Beternak jangkrik, cacing, dan ulat sutra butuh perwakilan dalam pemasaran kepada konsumen.
B. Walaupun demikian, perolehan risqi sudah diatur oleh Alloh SWT, kita tinggal menerimanya saja.
C. Biro perjodohan sudah tidak zamannya lagi, tetapi masih banyak yang membutuhkannya.
D. Kompleks pertokoan yang banyak dibangun di pinggir kota masih saja laku keras kerena praktis dan strategis tempatnya.
E. Demikian juga perumahan, walaupun tempatnya jauh dari keramaian banyak diminati oleh orang-orang kota.
42. Bacalah dengan cermat kalimat di bawah ini!
Katakan, uang adalah kebutuhan dan uang adalah bagian hidup yang tak bisa dilepaskan dari setiap orang |
Kalimat yang bertujuan sama dengan kalimat di atas adalah ....
A. Katakan, bahwa tidak semua orang butuh uang.
B. Katakan, bahwa tidak hanya orang hidup yang butuh uang.
C. Katakan, bahwa orang mati tidak butuh uang.
D. Katakan, bahwa setiap orang hidup membutuhkan uang
E. Katakan, bahwa orang setengah mati tidak butuh uang.
43. Cermati kalimat acak di bawah ini dengan saksama!
(1) Begitulah mekanisme pengaturan kadar zat gula dalam tubuh manusia normal.
(2) Zat gula diperlukan oleh tubuh untuk diubah menjadi tenaga.
(3) Hampir semua makanan yang kita makan dapat diubah menjadi zat gula.
(4) Kelebihan zat gula karena kurangnya aktivitas, akan disimpan oleh tubuh.
(5) Setelah masuk ke adalam tubuh, zat gula akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah.
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ….
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (3), (2), (4), (5), (1)
C. (3), (4), (5), (1), (2)
D. (2), (3), (5), (4), (1)
E. (2), (4), (3), (5), (1)
44. Cermatilah paragraf rumpang di bawah ini dengan saksama!
Pemerintah telah melakukan operasi harga sembako di pasar. . . ., para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan pemerintah. . . ., mereka cenderung melanggar kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjutipelang garan tersebut. . . ., pemerintah memiliki banyak kendala.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
A. namun, serta, apabila
B. namun, sebaliknya, akan tetapi
C. meskipun, karena, bahkan
D. dan, namun, yakni
E. sebab, yaitu, misalnya
45. Bacalah paragraf berikut ini dengan saksama!
(1) Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifkan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. (2) Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja Cordwainers. (3) Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 sampai 20 jam per hari. (4) Sejak saat itu perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. (5) Amerika Serikat memang negara yang kurang memperhatikan kaum buruh sehingga sering terjadi demonstrasi. |
Kalimat nomor lima tidak mendukung kalimat utama, perbaikan yang tepat adalah ....
A. Agenda bersama itu akhirnya diwujudkan oleh pemerintah Amerika Serikat dengan sangat panjang dan melelahkan oleh kelas pekerja.
B. Agenda bersama itu akhirnya terwujud berkat perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan oleh kelas pekerja.
C. Agenda bersama itu akhirnya terwujud oleh Pemerintah Amerika Serikat dengan upaya yang tidak begitu melelahkan kelas pekerja.
D. Pemerintah Amerika Serikat mau mewujudkan tuntutan para buruh asal dengan syarat tidak melakukan demonstrasi.
E. Para buruh terus melakukan demonstrasi sampai tuntutannya dipenuhi oleh Pemerintah Amerika Serikat.
46. Bacalah kalimat tidak standar di bawah ini dengan saksama!
Anak perempuan perlu diajarkan untuk mengelola keuangan, termasuk diajarkan cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi. |
Kalimat di atas akan menjadi standar dan efektif apabila diubah menjadi ....
A. Anak perempuan perlu diajari untuk mengelola keuangan, termasuk diajarkan cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
B. Anak perempuan perlu diajari cara mengelola keuangan, termasuk diajari cara menawar danmemeroleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
C. Anak perempuan perlu diajarkan tentang mengelola keuangan, termasuk diajarkan untuk menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
D. Anak perempuan itu perlu diajarkan tentang mengelola keuangan, termasuk diajarkan cara menawari dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
E. Anak perempuan perlu diajari untuk mengelola keuangan, termasuk diajarkan tentang cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
47. Bacalah kalimat di bawah ini dengan saksama!
Tolong , yang piket dihapus ! |
Jika yang dimaksud dihapus itu papan tulis, perbaikan yang tepat adalah ....
A. Tolong, yang piket terhapus!
B. Tolong yang piket dihapuskan!
C. Tolong yang piket menghapuskan!
D. Tolong yang piket terhapuskan!
E. Tolong yang piket menghapus!
48. Perhatkan dengan teliti penulisan gelar dalam kalimat di bawah ini!
PROF. DR. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta. |
Penulisan gelar akademik dalam kalimat di atas tidak sesuai EYD, seharusnya adalah ....
A. PROF. DR. Dr. Suharjo Marto Husodo, m.m. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
B. PROF. dr. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
C. Prof. DR. Dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
D. PROF. DR. dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
E. Prof. Dr. dr. Suharjo Marto Husodo, M.M. adalah ahli bedah mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta.
49. Cermati kalimat di bawah ini dengan teliti!
Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di pusat kota. |
Untuk memperbaiki kalimat di atas, penggunaan tanda baca yang tepat adalah ....
A. Tatkala hujan mulai turun, setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di pusat kota:
B. Tatkala hujan mulai turun, setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan, warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih dengan berjalan-jalan di pusat kota.
C. Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan jalan di pusat kota.
D. Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan: warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih: dengan berjalan-jalan di pusat kota.
E. Tatkala hujan mulai turun setelah kemarau panjang dan dilanda kabut kebakaran hutan; warga Kalimantan tengah mulai menikmati udara bersih; dengan berjalan-jalan di pusat kota.
50. Cermati kalimat yang ejaan dan tanda bacanya kurang tepat di bawah ini!
Raja Juan Carlos berkata. “karena alasan-alasan itu, semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.” |
Perbaikan kalimat di atas yang tepat adalah ....
A. Raja Juan Carlos berkata. “Karena alasan alasan itu, semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
B. Raja Juan Carlos berkata, “Karena alasan-alasan itu semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
C. Raja Juan Carlos berkata: “karena alasan-alasan itu, semua: saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
D. Raja Juan Carlos Berkata; “Karena alasan-alasan itu, semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya.”
E. Raja Juan Carlos berkata. “Karena alasan-alasan itu, semua; saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya”.
KUNCI JAWABAN
1. D 2. A 3. D 4. A 5. E 6. D 7. A 8. C 9. B 10. D | 11. B 12. C 13. C 14. B 15. C 16. E 17. E 18. C 19. E 20. C | 21. D 22. D 23. B 24. D 25. D 26. A 27. A 28. D 29. B 30. B | 31. A 32. D 33. D 34. B 35. D 36. A 37. D 38. A 39. A 40. C | 41. C 42. D 43. B 44. B 45. B 46. B 47. E 48. E 49. B 50. B |
0 Response to "Soal Try Out UN Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK TA 2015/2016"
Posting Komentar