Alat Peraga Sistem Tata Surya Karya Siswa

Alat Peraga Sistem Tata Surya | Alat peraga merupakan media yang mampu mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran, menerjemahkan teori-teori yang sangat sulit digambarkan, sehingga alat peraga sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk menjelaskan materi pelajaran yang disampaikan di dalam kelas. Belajar menggunakan media atau alat peraga dapat menarik minat belajar siswa, sehingga siswa lebih semangat dan antusias dalam kegiatan pembelajaran.

Di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali pilihan alat peraga yang bisa Anda gunakan untuk mengajar di dalam kelas. Mulai yang konvensional hingga media belajar modern yang menggunakan teknologi yang berkembang saat ini. Namun, tidak selamanya media belajar konvensional tidak laku di pasaran, justru alat peraga konvensional menjadi pelengkap dan penunjang media yang lain. Dalam pemilihan media atau alat peraga, alangkah baiknya jika alat peraga tersebut dibuat sendiri oleh siswa, dengan memanfaatkan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Sehingga bisa menambah pengetahuan siswa dalam hal keterampilan. Jadi, siswa tidak hanya bisa mengetahui tentang teori pada mata pelajaran tersebut. Tapi, siswa mampu membuat karya sendiri.

Alat peraga sistem tata surya

Berikut ini aneka karya siswa dalam pembuatan alat peraga pada materi IPA Terpadu untuk siswa kelas 9 tentang "Sistem Tata Surya"

Alat Peraga Sistem Tata Surya Karya Siswa 

Hasil karya kelompok 1

Alat peraga Sistem Tata Surya yang dibuat oleh kelompok 1 sangat menarik dan terlihat realistis karena dipasang berdiri mengunakan kayu bambu yang beralaskan stiroform.
 Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 1

 Proses pembuatan alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 1

Hasil karya kelompok 2

Untuk karya kelompok 2 dan seterusnya membentuk karya dengan model yang sama, yakni mengusung konsep poster yang bisa dipasang atau ditempel di tembok. Bola planet dipasang atau ditempelkan pada kertas karton yang dilapisi kertas manila. Sehingga poster yang dibuat tidak seperti biasanya. Namun, lebih terlihat seperti poster 3D (3 dimensi) sehingga nampak seperti nyata.

 Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 2

Hasil karya kelompok 3

 Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 3

 Proses pembuatan alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 3

Hasil karya kelompok 4

 Proses pembuatan alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 4

 Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 4
Itulah karya siswa MTs Nahdlatus Shaufiah Wanasaba, tahun pelajaran 2015/2016 tentang pembuatan alat peraga Sistem Tata Surya. Untuk cara pembuatannya silahkan anda lihat di postingan Cara Membuat Miniatur Planet dengan Kertas Bekas. 
Sekian dulu postingan tentang Alat Peraga Sistem Tata Surya, semoga artikel bisa bermanfaat untuk Ibu/Bapak guru, khususnya bagi guru IPA yang membutuhkan alat peraga dalam menjelaskan materi tentang sistem tata surya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Peraga Sistem Tata Surya Karya Siswa "

Posting Komentar