5 Keunggulan dari Edubox Smart School

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil baru saja meluncurkan aplikasi Edubox Smart School di 25 sekolah di Kota Bandung. Dengan aplikasi tersebut, beragam fasilitas bisa dimanfaatkan di bidang pendidikan.

Seperti yang dituliksan Ridwan Kamil melalui akun media sosialnya, berikut ini beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan di aplikasi Edubox Smart School.
Postingan isntagram Ridwan Kamil : https://www.instagram.com/p/BMQPgfDgUO7/?hl=id

Foto : Ridwan Kamil saat peluncuran Edubox Smart School
 
Keuntungan Edubox Smart School bisa menghemat anggaran negara sampai 30 milyar.
"Keuntungannya banyak, menghemat Rp 40 miliar per tahun dari biaya ujian yang sifatnya dengan kertas. Ujian sekarang bisa dengan Handphone kira-kira begitu. Yang tidak punya smartphone nanti ujiannya di laboratorium menggunakan komputer yang disediakan sekolah. Tapi, 90 % menurut penelitian rata-rata sudah punya smartphone sehingga ujiannya bisa di situ," ucapnya.

5 Keunggulan dari Edubox Smart School

#1. Guru Tidak Perlu Memeriksa Hasil Ujian

Di sisi lain, guru sangat diuntungkan dengan sistem aplikasi ini. Guru tidak perlu lagi memeriksa kertas hasil ujian yang jumlahnya puluhan, bahkan ratusan.

"Dengan cara ini, guru juga bisa punya setengah juta soal ujian. Saking banyaknya maka tiap anak ujiannya beda-beda. Sehingga tidak ada lagi yang bisa mencontek, hasil ujiannya langsung diketahui. Jadi guru tidak perlu lagi memeriksa kertas ujian yang jumlahnya puluhan, ratusan," terangnya.

#2. Ditransfer Jadi E-Book

Dengan Edubox, siswa juga tidak perlu buku-buku dan tidak perlu photocopy bahan pelajaran.
"Semua bahan ajar pelan-pelan ditransfer menjadi e-book. Jadi anak-anak juga bisa baca di situ," tandas Kang Emil.

#3. Siswa Bolos Akan Ketahuan

Dengan sistem  Edubox Smart School, para siswa tidak bisa lagi bolos karena ada aplikasi khusus pendeteksi siswa yang mabal (kabur/bolos). Karena GPS yang ada pada ponsel smartphone teregistrasi di sistem sekolah.

#4. Siswa Tidak Bisa Mencontek

Bukan hanya siswa bakaketahuan bolos, aplikasi baru ini juga akan mendeteksi siswa yang berusaha menyontek. Karena soal ujiannya akan dilakukan secara digital. Dan soalnya pun berbeda-beda.

#5. Tidak Mengandalkan Internet Luar

Edubox sistem internet internal. Jadi tidak mengandalkan jaringan internet luar.

Sayangnya, gebrakan Kang Emil dengan Aplikasi Edubox Smart School ini masih terbatas. Baru 25 sekolah di Bandung yang dijadikan pilot project, dengan tujuan bisa mengubah kualitas pendidikan di Bandung.
Semoga kota-kota lain di Indonesia ikut merasakan kemanfaat dari Aplikasi Edubox Smart School ini.

Referensi: 
  • infobandung.co.id 
  • gurumuda.web.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Keunggulan dari Edubox Smart School"

Posting Komentar