Pengertian dan Fungsi Mikroskop serta Bagian Bagian Mikroskop lengkap

MIKROSKOP

Hai teman-teman semua, selamat datang di belajar mandiri. pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Mikroskop. Pokok pembahasan yang akan di bahas adalah seputar pengertian Mikroskop, Fungsi Mikroskop, dan Bagian Bagian Mikroskop. Untuk lebih jelas kita langsung saja ke pembahasanya di bawah ini.

A. Pengertian dan Fungsi Mikroskop


1. Pengertian Mikroskop



Apakah kalian semua tahu apa itu mikroskop? oke akan saya jawab, Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk melihat dan mengamati sesuatu benda ataupun makhluk hidup yang tidak bisa kita liat dengan mata telanjang karena ukurannya yang sangat kecil. Cara kerja mikroskop adalah dengan memperbesar bayangan benda atau makhluk hidup tersebut menjadi berkali-kali lipat.

 Apakah kalian semua tahu asal mula kata mikroskop ? mikroskop berasal dari bahasa latin , terdiri dari kata mikro dan scopein, mikro artinya kecil dan scopein artinya melihat. Mikroskop dapat memperbesar bayangan benda ataupun makhluk hidup menjadi 40, 100, 400, hingga 1000 kali.

lalu bagaimana dengan penemu mikroskop? Penemu mikroskop adalah Anthony Van Leewenhoek. Penemuan mikroskop sangat berguna dalam penelitian dan membantu ilmuan untuk mengamati objek yang sangat kecil. Seiring dengan perkembangan teknologi maka jangkauan perbesaran mikroskop semakin tinggi.

2. Fungsi mikroskop


Fungsi pada mikroskop di bagi menjadi 2, yaitu fungsi utama/umum dan fungsi khusus. Dari yang kita semua ketahui fungsi umum atau utama mikroskop adalah sebagai alat yang digunakan untuk melihat dan mengamati benda/objek/makhluk hidup yang bersifat mikroskopis atau yang sangat kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Fungsi khusus mikroskop sebenarnya masih berakar pada fungsi utama yaitu untuk mengamati dan melihat objek yang bersifat mikro, bedanya adalah fungsi ini lebih khusus, misalnya jenis mikroskop yang hanya digunakan untuk mengamati 1 jenis objek saja atau jenis objek tertentu saja.

B. Bagian-bagian Mikroskop


Berikut ini adalah bagian-bagian mikroskop yang terbagi dalam 2 bagian yaitu bagian optic dan bagian mekanik.

bagain bagain mikroskop lengkap
berikut ini gambar bagian bagian pada mikroskop




Bagian-Bagian Optik


a. Lensa Objektif : merupakan lensa yang letaknya dekat dengan objek. Mikroskop biasanya memiliki 3 jenis lensa objektif yang memiliki perbesaran yang berbeda, yaitu dari yang 10, 40 hingga 100 kali perbesaran.
b. Lensa Okuler  : merupakan lensa yang digunakan pengamat untuk melihat objek, lensa ini berada pada bagian ujung atas tabung. Lensa okuler digunakan untuk memperbesar lagi bayangan yang didapat dari lensa objektif, perbesaran pada lensa okuler biasanya 6, 10, hingga 12 kali.
c. Kondensor : merupakan bagian mikroskop yang yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan cahaya dari cermin dan memusatkan cahaya tersebut ke objek. Bagian kondensor ini dapat di putar naik turun.
d. Cermin : digunakan untuk mengatur intensitas masuknya cahaya yang masuk yang mengenai area preparat
e. Diafragma : digunakan untuk menerima cahaya dan mengarahkan cahaya yang diterima dari cermin.

Bagian-Bagian Mekanik (Non-Optik)


a. Meja Benda :  tempat untuk meletakan objek yang akan dilihat atau diamati. Terdapat penjepit objek(klip) agar objek tidak bergerak sehingga memudahkan pengamatan.
b. Makrometer : berguna untuk menaikan dan menurunkan tabung dengan cepat. Hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan gambaran objek yang jelas sesuai keinginan.
c. Mikrometer : berbeda dengan makrometer, mikrometer digunakan untuk menaikan dan menurunkan tabungan dengan pelan atau lambat. Tujuannya sama dengan makro tetapi mikro digunakan agar gambar yang di lihat dari objek lebih jelas lagi.
d. Tabung Mikroskop : berguna sebagai penghubung lensa objektif dan lensa okuler pada mikroskop
e. Revolver : berguna untuk mengatur perbesaran lensa objektif.
f. Lengan Mikroskop : berfungsi sebagai tempat pengamat/peneliti memegang mikroskop
g. Kaki Mikroskop : fungsinya untuk peyangga mikroskop dan untuk memegang mikroskop saat mikroskop di pindahkan.
h. Sendi Inklanasi :  berfungsi sebagai pengatur sudut dan tegak mikroskop.



Hanya itu materi yang dapat kami bagikan tentang Pengertian dan Fungsi Mikroskop serta Bagian Bagian Mikroskop lengkap. Semoga materi tentang Mikroskop ini dapat membantu kita semua untuk mengetahui dan memahami tentang mikroskop dan juga menambah wawasan kita semua. Terima kasih sudah berkunjung.
 jika ada yang masih bingung dan ingin bertanya tentang materi mikroskop silahkan tanyakan di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Mikroskop serta Bagian Bagian Mikroskop lengkap"

Posting Komentar