Berbagi Pengalaman Tentang Google Adsense

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google? Hampir semua orang sudah kenal dengan mesin telusur yang merajai dunia internet yaitu Google. Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Didirikan sejak 4 September 1998 di Menlo Park, California, Amerika. Dan berkantor pusat di Mountain View, California, Amerika. Google pertama kali didirikan oleh 2 anak muda kreatif yaitu Larry Page, dan Sergey Brin.Kini Google berkembang menjadi raksaa internet yang merajai duni maya. Google sekarang semakin berkembang dengan memiliki anak perusahaan seperti, Youtube, ITA Software, AdMorb, Songza dan lain-lain.

Sumber gambar : tekno.liputan6.com

Setelah satu tahun menekuni dunia ngeblog akhirnya membuahkan hasil. Sebenarnya Saya kurang pede menulis cerita yang seperti ini. Nanti takut dibilang pamer dan keluar dari topik blog ini yang membahas tentang seputar dunia pendidikan. Namun, ini bagian dari kisah perjalanan hidup Saya. Jadi, tidak ada salahnya Saya mengabadikannya di sini. Dan tidak melenceng dari topik blog ini karena, sesuai nama blog ini wirahadie.com yang berisi tentang diary kehidupan Saya atau bisa disebut sebagai diary online. Blog ini Saya tulis sebagai tempat berbagi informasi dan pengalaman pribadi, baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Pada kesempatan ini Saya ingin menulis sebuah pengalaman menarik Saya selama terjun di dunia ngeblog. Semoga bisa menginspirasi teman-teman yang sempat membaca tulisan sederhana ini.

 Artikel terkait : Ekspedisi menjadi guru blogger

Pada hari bertepatan pada bulan Januari 2016, saya mendapatkan gaji pertama dari Google. Dari segi nominal mungkin tidak seberapa tapi, mendapatkan uang dari internet apalagi dari perusahaan internet terbesar seperti Google merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Saya. Berikut cerita lengkapnya.

Gaji Pertama dari Google Adsense

Tepat hari kamis malam tanggal 21 Januari  2016, saya mendapatkan pemberitahuan di akun Google Adsense, bahwa saldo saya sudah mencapai ambang batas pembayaran yaitu sudah mencapai atau lebih dari $100. Saldo di akun saya tertera angka dengan mata uang dolar ($) berjumlah $111,43. Rasa senang bercampur bahagia saat melihat info dari Google.inc bahwa saldo saya sudah terbayarkan dan sudah siap untuk dicairkan di kantor Western Union terdekat.

Keesokan harinya tanggal 22 Jnuari 2016, bertepatan hari jum'at. Saya langsung bergegas menuju kantor pos. Kantor pos di tempat saya lumayan jauh, perjalanan menempuh jarak kurang lebih 1 Km dari rumah saya. Tapi hari itu saya sungguh bersemangat karena akan mengambil gaji pertama saya di Google Adsense. Rasa penasaran bercampur bahagia menyelimuti pikiran saya waktu itu. Dalam benak saya terpikir apakah ini beneran ataukah hanya hayalan semata? Bagi publisher yang tergolong baru seperti saya, rasa penasaran pasti ada, antara percaya atau tidak tentang uang dari Gooogle.

Setiba di kantor pos, Saya langsung bertanya pada Customer Service yang bertugas di kantor pos tersebut, dan menanyakan cara mengambil uang di Western Union. Saya pun langsung diperintahkan untuk mengambil formulir pengisian data pengambilan uang. Saat pengambilan formulir saya sempat ditanya oleh salah satu petugas pos.

    Mas, ngambil kiriman uang dari mana? Dari Malaysia atau Saudi?

Begitulah ungkapan pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu petugas pos yang bertugas memberikan formulir saat itu. Saya sempat bingung mau jawab apa. Kalau saya jawab dari Google mungkin orang tidak percaya karena di tempat tinggal saya, bisa dibilang masih kampungan dan jauh dari perkotaan. Orang yang mengambil uang di Western Union adalah orang yang menerima kiriman dari keluarga mereka yang bekerja di luar negeri atau paling populer disebut Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Saya pun sempat kebingungan menjawab pertanyaannya, namun saya meng-iya-kan saja agar tidak terlalu panjang pertanyaannya.

Selepas mengisi formulir yang disediakan saya langsung menyerahkannya ke petugas saat itu, namun ada yang membuat saya kecewa setelah mendengar pemberitahuan dari petugas pos yang mengatakan:

Pak, kemungkinan saat ini kami belum bisa pastikan untuk pembayaran bapak, karena saldo di Western Union kami saat ini belum tersedia, kami belum bisa memastikannya.

Begitulah ucapan yang terdengar dari seorang petugas pos. Saat itu yang bertugas adalah seorang cewek yang  berparas cantik nan anggun.

Selepas mendengar pemberitahuan sang cewek tersebut, saya memustuskan untuk pulang dan hendak datang besok saja. Karena saat itu ada tugas/pekerjaan yang sempat saya tinggalkan.

Keesokan harinya saya terpikirkan untuk datang ke kantor pos, namun saya lupa bahwa kalau hari sabtu kantor pos tidak buka alias tutup. Rasa penasaran saya pun berlanjut ingin membuktikan bahwa apakah gaji dari Google Adsense itu memang benar ada atau tidak? Setelah lama menanti hari senin karena selepas hari sabtu masih ada hari minggu yang membuat saya jadi tambah penasaran.

Setelah menanti hari minggu yang terasa sangat lama sekali, karena saking penasaran dengan gaji dari Adsense. Tanpa pikir panjang, saat itu kurang lebih pukul 11.00 pagi, saya langsung meluncur ke kantor pos, dengan semangat optimis bahwa hari ini pasti berhasil untuk dapat mencairkan gaji dari Adsense. Setelah mengikuti prosedur, saya langsung menyerahkan formulir yang sudah saya tulis sejak 3 hari sebelumnya (formulir yang saya isi hari jum'at saya bawa pulang). Setelah menanti beberapa menit kemudian, hasil yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu gaji dari Adsense. Saat petugas memberikan saya selembar kertas ukuran kecil dan memerintahkan saya untuk tanda tangan. Nampaknya itu tanda bukti pencairan uang dari Google Adsense. Rasa senang tak terkira saat petugas pos memberitahu saya jumlah nominal uang yang saya terima yaitu, Rp. 1.546.500,00. Nampaknya kurs dolar sedang meroket tajam, bayangkan saldo pembayaran di akun saya tertera $.111,43. Berarti kurs saat itu kurang lebih berkisar Rp.13.800/$1. Harga kurs yang bisa dibilang mahal untuk saat ini.

Tanda bukti pencairan dari kantor pos Aikmel

Selepas dari kantor pos, saya langsung mampir ke toko meubel yang letaknya tidak jauh dari lokasi kantor pos di tempat saya. Saya ingin membeli sebuah kursi yang bisa saya gunakan di rumah agar lebih nyaman dan santai ketika saya harus duduk di depan laptop. Selama ini saya hanya duduk di lantai kadang sambil tengkurap dan nonton TV saat bergelut di dunia maya. Saya pun langsung kepincut dengan kursi yang menggunakan roda dan bisa diputar posisi duduknya layaknya kursi manajer/bos disebuah perusahaan besar.

Sebenarnya kursi model seperti ini sudah lama saya nantikan. Namun budget belum tersedia sehingga Saya belum memilikinya. Kini, sudah terbayar rasa penasaran saya untuk memilikinya.

Artikel terkait : Keajaiban Menulis di Blog

Dari hasil ini saya merasakan kepuasan tersendiri. Rasa lelah dan kerja keras saya rasanya sudah terbayar. Syukur alhamdulillah, semoga cerita saya ini bisa memotivasi teman-teman yang bergelut di dunia Adsense. Akhir kata saya mengucapkan banyak kepada teman yang sudah membantu memberikan informasi terkait tata cara menghasilkan uang di internet khsususnya di Google Adsense. Dan tak lupa saya ucapkan kepada sahabat publisher yang sudah menyempatkan membaca coretan kisah newbie yang sedang berbagi ini. Semoga pendapatan saya kelak bisa meningkat seperti teman-teman yang sudah sukses. Amin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagi Pengalaman Tentang Google Adsense"

Posting Komentar