Guru Harus Tau, Cara Melacak Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online


Dashboard  Website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
NISN sama pentingnya dengan nomor induk siswa di sekolah. Bahkan bisa dikatakan lebih penting, karena menyangkut data siswa secara online. Tetapi ketika seorang siswa pindah sekolah, terkadang sekolah asal siswa tersebut tidak menyertakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) anak tersebut.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Apakah kita perlu mendatangi atau menghubungi sekolah asal siswa tersebut?

Ya, itu perlu sekiranya mudah dilakukan dan tidak merepotkan. Seringkali masalah timbul ketika sekolah tersebut letaknya jauh dan tidak memiliki nomor telepon sehingga sulit untuk melakukan kontak.

Cara yang mudah dan murah untuk mendapatkan NISN siswa tersebut adalah dengan mengunjungi website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ada dua cara untuk melakukan hal tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Cara Pertama

1. Buka alamat http://kemdikbud.go.id/ maka kita akan dibawa masuk ke halaman awal website milik Kementerian Pendidikan danKebudayaan.
Dashboard  Website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2. Untuk membuka layanan NISN, kita perlu masuk ke menu Nomor Induk Sekolah Nasional, dengan mengklik menu tersebut seperti gambar di bawah ini.

3. Kita akan diarahkan menuju beranda layanan NISN, lanjutkan dengan mengklik Data Siswa. 

4. Setelah kita masuk ke menu Data Siswa, kita berada di halaman pencarian data siswa berdasarkan NISN. Jika yang kita cari adalah NISN siswa, maka kita harus membuka tab Pencarian Berdasarkan Nama.

5. nah, sekarang kita telah berada di halaman pencarian NISN. Silakan isi data siswa yang bersangkutan, yaitu nama, tempat lahir, dan tanggal lahir. 

 Ini contohnya.

Selanjutnya akan tampil NISN hasil pencarian berdasarkan data yang kita masukkan.
 

Cara Ke Dua

Cara ke dua ini terbilang sangat mudah, karena kita akan langsung diarahkan pada halaman pencarian data / NISN. Caranya adalah dengan mengunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data# atau kunjungi Tautan Ini.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guru Harus Tau, Cara Melacak Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online"

Posting Komentar