Inilah Pengertian Majas Hiperbola Dan Contohnya

Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya – Tahukah kau apa itu majas hiperbola? Majas berlebihan merupakan majas yang umum di kenal dalam pelajaran bahasa Indonesia. Materi Majas berlebihan sudah diajarkan semenjak mulai SD, SMP, Sekolah Menengan Atas hingga ke akademi tinggi. Tentunya kami meyakini jika diantara kalian pernah mempelajari majas hiperbola. Seperti majas pada umumnya, kegunaan majas berlebihan yaitu sering dipakai untuk  menyusun/ merangkai kalimat sebuah karya sastra supaya gaya bahasa karya sastra menjadi lebih indah. Karena itulah dalam menciptakan sebuah karya sastra kita perlu memahami dengan baik apa itu majas hiperbola. Dalam blog ini kami akan membahas secara rinci wacana majas hiperbola. Pembahasan wacana majas berlebihan ini akan kami bagi menjadi 2 bab yaitu bab pertama wacana pengertian majas hiperbola dan bab ke dua wacana contoh majas hiperbola.
Inilah Pengertian Majas Hiperbola Dan Contohnya
Majas Hiperbola

Pengertian Majas Hiperbola

Pengertian majas berlebihan yaitu majas yang membesar-besarkan sesuatu hal atau mengandung sebuah pernyataan yang berlebih-lebihan. Dalam arti yang lebih rinci, Majas Hiperbola adalah majas yang membesar-besarkan atau melebihkan-lebihkan suatu hal dari apa yang gotong royong dengan tujuan untuk meningkatkan kesan, memperhebat, daya pengaruh, baik ukuran, jumlah ataupun sifat-sifatnya. Tidak hanya dalam sebuah karya sastra saja kita menjumpai majas hiperbola, namun tanpa kita menyadarinya dalam percakapan sehari-hari kita sering memakai majas hiperbola. Pesan yang akan disampaikan sanggup saja biasa-biasa saja tetapi akan terasa lebih wah apabila kalimat yang disusun sedemikian rupa memakai majas hiperbola. Dalam menceritakan suatu hal sengaja diberikan kesan sangat berlebih-lebihan/ berlebihan dengan tujuan untuk menarik perhatian pendengar ataupun pembaca.

Baca Juga Artikel: Soal UKK SD MI

Contoh Majas Hiperbola

Supaya lebih memahami wacana majas hiperbola, perlu anda perhatikan beberapa pola majas berlebihan dibawah ini.

Contoh Majas Hiperbola ke-1:
"Tumpukan sampah di kota Jakarta itu setinggi gunung"
Kata “setinggi gunung” dalam kalimat tersebut merupakan kata yang melebih-lebihkan tumpukan sebuah sampah, sehingga disebut majas hiperbola.

Contoh Majas Hiperbola ke-2:
"Suara teriakanmu mengguncangkan dunia"
Kata “mengguncangkan dunia” merupakan kata yang berlebih-lebihan alasannya bunyi teriakan orang tidak hingga mengguncangkan dunia. Makara pola kalimat tersebut merupakan majas hiperbola.

Contoh Majas Hiperbola ke-3:
"Korban pembunuhan itu darahnya membanjiri tanah"
Disebut majas berlebihan alasannya terdapat kata yang berlebih-lebihan yaitu pada kata “membanjiri tanah”.

Contoh Majas Hiperbola ke-4:
"Setelah naiknya harga Bahan Bakar Minyak harga beras mencekik leher"
Dalam pola tersebut disebut majas berlebihan alasannya terdapat kata “mencekik leher” yang menawarkan kesan yang berlebih-lebihan.


Demikian klarifikasi yang sanggup kami bagikan wacana Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya, biar bermanfaat dan gampang dipahami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Pengertian Majas Hiperbola Dan Contohnya"

Posting Komentar