Inilah Pengertian Membran Sel Dan Fungsinya

Membran sel adalah batas kehidupan, alasannya ialah membran sel ini memisahkan antara sel hidup dengan sel tidak hidup yaitu lingkungan di sekitar sel hidup. Setiap sel terlapisi oleh lapisan yang dikenal dengan membran sel. Bentuk membran sel ini sangatlah tipis, sehingga tidak sanggup dilihat memakai mikroskop cahaya, namun sanggup dilihat dengan mikroskop elektron. Ketebalan membran sel yaitu 8 nm. Terdiri atas barisan lemak dan juga terdapat protein pada membran sel. Secara lengkap susunan membran sel dijelaskan menurut suatu model mosaik cair. Model tersebut pertamakalinya dikenalkan oleh 2 ilmuwan yang berjulukan Garth Nicolson dan Jonathan Singer.

Struktur Membran Sel

Struktur yang dimiliki membran sel bentuknya lembaran tipis. Susunan membran sel terdiri molekul-molekul protein lemak atau lipid  & sedikit karbohirat yang menyusun sebuah lapisan yang sifatnya asimetri dan dinamis. Bersifat asimetri maksudnya yaitu komposisi antara protein dan lipid pada sisi dalam tidak sama dengan sisi luar membran sel. Bersifat dinamis maksudnya memiliki struktur menyerupai zat cair (fluida), dengan begitu maka molekul lipid & protein sanggup bergerak. Molekul-molekul itu membentuk matriks lapisan fosfolipid bilayer (fosfolipid rangkap) yang disisipi protein membran. Perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan citra struktur membran sel.
 alasannya ialah membran sel ini memisahkan antara sel hidup dengan sel tidak hidup yaitu lingkunga Pengertian Membran Sel dan Fungsinya

Ada 2 macam protein membran, yaitu protein integral (terbenam) dan protein peripheral (menempel). 1 unit fosfolipid terdiri atas bab fosfat (kepala) dan asam lemak (ekor). Bagian fosfat merupakan sisi suka air (hidrolik) yang menghadap ke luar membran sel. Bagian asam lemak/ ekor merupakan sisi tidak suka air (hidrofobik) yang tersembunyi pada bab dalam membran sel.
Lihat Juga : Bank Soal UKK SMA SMK MA Kelas 11 Dengan Kunci Jawaban
Sisi membran sel yang menhadapnya ke luar sel terdapat karbohidrat yang melekat pada fosfolipid atau protein membran. Kegunaan biologis dari membran sel itu tergantung pada molekul-molekul yang menyusunnya, yaitu karbohidrat, protein dan lipid.
Inilah Pengertian Membran Sel Dan Fungsinya
Membran Sel

Fungsi Membran Sel

Struktur yang kompleks yang dimiliki membran sel memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut ini:
  • Membungkus dan melindungi sisi sel.
  • Membentuk sebuah batas antara isi sel dengan luar sel dengan batas yang tidak gampang robek (fleksibel).
  • Menyaring/ melaksanakan seleksi zat-zat apa saja yang sanggup masuk ke dalam sel dan zat-zat apa saja yang harus keluar dari sel. (membrane sel sanggup dilalui oleh zat-zat tertentu) Sifat ini disebut dengan selektif permeable.
Lihat Juga : Prota Promes IPA SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016
Demikian klarifikasi yang sanggup "" berikan perihal Struktur Membran Sel dan Fungsi Membran Sel. Semoga klarifikasi tersebut sanggup memperlihatkan manfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Pengertian Membran Sel Dan Fungsinya"

Posting Komentar