Mau Ikut Asuransi? Pikir Dulu Sebelum Anda Menyesal!

Apakah anda berminat ikut asuransi? Sebaiknya anda baca dulu kisah pengalaman orang-orang yang sudah merasakan kegagalan saat mengikuti program asuransi, termasuk saya pribadi pernah mengalaminya juga. Jadi, ingin berbagi pengalaman agar anda tidak ikut terjerumus ke dalam jurang yang sama yang membuat anda kecewa dan menyesal seumur hidup.
sumber gambar: kompasiana.com

Pagi ini, saya sempat kaget membaca salah satu status teman di facebook yang mengatakan bahwa asuransi AXA Mandiri telah menipunya. Berikut kutipan dari status teman tersebut:
Axa Mandiri adalah Asuransi Penipu,,,, Saya sudah bayar Polis 3 jt/Bulan . selama 2 tahun lebih , karena saya sudah tidak sanggup bayar lalu saya minta tutup polis dan minta pengembalian Dana saya , Jawab dari Custamer service axa Mandiri Dana yg sudah saya setor selama ini Hangus tidak ada pengembalian karena saya sudah nunggak tidak bayar lebih dari 3 Bulan,,,Sungguh tega Perusahaan besar seperti axa Mandiri begitu Licik Menipu Rakyat Indonesia ,,
 Sumber: postingan facebook
axa-mandiri

Pemilik akun itu bernama pak Joni Lubis, salah satu teman saya di dunia internet. Beliau merupakan orang senior di bisnis online. Saya mengenal beliau saat pertama kali terjun di dunia internet marketing. Postingannya sangat mencuri perhatian para netizen termasuk saya pribadi. Bagaimana tidak, dia sudah merasa ditipu oleh pihak asuransi dari Axa Mandiri hingga puluhan juta. Coba bayangkan dia sudah membayar biaya asuransi 3 juta perbulan selama dua tahun lebih. Dan ingin berhenti untuk melanjutkan asuransi tersebut karena sudah tidak mampu mebayar premi bulanan. Dan tiba-tiba uang yang sudah dibayarkan tiba-tiba hangus.

Kalau menurut pengalaman pribadi saya. Sebenarnya saya juga punya pengalaman yang serupa saat ikut asuransi dari Axa Mandiri tersebut, namun dengan biaya premi atau setoran tiap bulan yang tidak terlalu besar. Tapi, belum genap satu tahun saya juga memutuskan untuk berhenti, karena sudah tidak sanggup membayar preminya. Dan memang didalam surat perjanjian resiko ini sudah dijelaskan oleh pihak marketing saat ditawarkan produk asuransi tersebut.

Jadi, bagaimanapun cara kita melaporkan dan mengatakan mereka (pihak Axa Mandiri) melakukan penipuan. Tentu kita yang bakal kena batunya. Kenapa? Karena perjanjian, aturan main, sudah kita tanda tangani secara syah dan bermaterai. Ini berarti kita sudah paham dan setuju segala bentuk resiko yang akan terjadi. Jadi siapa yang salah? Bisa dikatakan kita sendiri yang lalai tidak membaca ketentuan dan menanyakan secara jelas aturan tersebut.

Dan perlu anda ketahui juga, sering kali yang pihak telemarketing asuransi ini yang menyampaikan penjelasan tidak begitu jelas, dan ada hal-hal resiko negatif yang sering disamarkan oleh pihak marketing. Apa tujuannya? Tentu agar memikat para calon nasabah untuk ikut polis asuransi tersebut, justru yang sering ditonjolkan atau digembor-gemborkan saat romosi adalah keuntungannya saja. Ingat! Anda jangan sampai tertipu atas rayuan pihak marketing asuransi apapun. Baik melalu telemarketing (Penawaran melalui telepon) atau saat ditawarkan langsung di bank terkait. 

Jujur saja dulu saat membuka rekening Mandiri saya ditawarkan oleh satpam yang bertugas saat itu. Saya sangat tergiur dengan semua penjelsannya yang begitu menggoda. Saya mengikuti program asuransi tersebut namun setelah beberapa bulan hampir satu tahun berjalan saya memutuskan untuk berhenti karena saya sempat membaca beberapa pengalaman orang yang sudah ikut asuransi di internet dan  membaca buku panduan asuransi dan segala bentuk resikonya sudah dijelaskan di sana. Dan akhirnya saya putuskan untuk berhenti tanpa melapor langsung ke pihak bank karena merasa kesal. Tapi untung saja tidak terlalu besar tapi tetap saja kita merasa kecewa karena seperti ditipu secara halus. Dan sisa uang atau persentase modal dari premi yang kita bayarkan secara otomatis masuk ke rekening tapi jumlahnya tidak seberapa, lebih banyak ruginya.

Kesimpulan

Jadi, bagi anda yang ingin mencoba mengikuti program asuransi apapun sebaiknya anda pikir dulu dengan matang dan pahami segala bentuk resikonya agar anda tidak menyesal dikemudian hari. Waspadalah dengan segala bentuk marketing yang membujuk anda untuk mengikuti program asuransi, sebagian banyak orang yang gagal paham tentang program asuransi dan hanya mementingkan profit dan berujung dengan kekecewaan karena merasa tertipu. Waspadalah!

Sekian dulu sharing tentang program asuransi, semoga pengalaman pahit ini bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba program asuransi Axa Mandiri dan program asuransi lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Ikut Asuransi? Pikir Dulu Sebelum Anda Menyesal!"

Posting Komentar